Translate This Page

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Materi Belajar

0 Juara Dunia Cyber Security


Jangan Lupa Tinggalkan Komentar Kalian Ya...!!!

Mahasiswa S-2 Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB dengan nama Firman Azhari meraih juara dunia Cyber Security di London, Inggris. Mahasiswa ini menciptakan inovasi berupa perangkat lunak yang bisa mendeteksi aman tidaknya kartu pembayaran berteknologi Near Field Communication (NFC).

Tanggal 25-27 Juni 2013 adalah final lomba dengan 14 peserta yang mewakili 10 negara di Universitas Royal Holloway, London. Lomba tersebut digelar oleh Kaspersky, sebuah industri perangkat lunak yang berpusat di Moskow, Rusia. Industri yang fokus pada keamanan sistem teknologi informasi.

Sebelum maju ke final, Firman lebih dulu menjuarai babak penyisihan wilayah Asia Pasifik pada bulan Maret lalu di National University of Singapore, Singapura. Untuk tim juri berasal dari kalangan universitas dan praktisi bidang keamanan teknologi informasi, di antaranya Delft University of Technology di Belanda, dan Plymouth University di Inggris.

Firman menjadi juara lewat karya “Analisis Sistem Pembayaran dan Identitas Elektronik berbasis Near Field Communication (NFC)”. Penelitian ini dimulai sejak Firman bergabung dalam BlackBerry Innovation Center ITB. Saat itu ia meneliti smart payment di dalam smart transportation.

Hingga kini sang juara juga ikut serta dalam penelitian dan pengembangan smart identity dan payment untuk kasus Bandung Smart City.